Labels

Saturday, January 28, 2012

PRESEPSI PIKIRAN

"Seringkali kita menilai sesuatu dari bagaimana kesan awal yang kita lihat, bukan dari apa yang sebenarnya kita ketahui". 

Kenapa pernyataan itu saya berikan karena saya sendiri kadang dan malah sering melihat, lalu membuat kesimpulan; mendengar kabar atau bisik-bisik lalu membuat argumen.Tapi apakah itu SALAH, atau memang tidak juga BENAR? Semua hasil yang disodorkan oleh kerja otak kita tidaklah salah. Ini lebih dikarenakan oleh proses dari arsip-arsip dalam pikiran yang kita miliki.

Pikiran manusia memiliki kehebatan dalam mencerna informasi, entah itu positif maupun negatif. Salah dan benar kadang menjadi sesuatu yang nisbi jika sudah masuk ke dalam ranah pikiran itu sendiri. Hal itu terjadi dilandasi dengan kerja otak yang memiliki sekian ribu jalur sel saraf yang berguna dalam menerima data yang masuk, entah itu data penting atau tidak, dan kadang pengalaman ikut membuat trauma, timbal balik negatif, malah memberikan nilai hidup yang negatif mengenai sesuatu peristiwa. Hal-hal tadi mengendap dan secara tidak sadar terpakai dalam membuat acuan dalam membuat sebuah kesimpulan dalam bertindak.




Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di atas ini, lebih umum orang akan beragumen kalau itu adalah foto perselingkuhan, entah yang kiri ataupun yang kadang, keduanya adalah foto yang memberikan pernyataan,  bahwa ini foto perselingkuhan sepasang kekasih dengan teman dekat mereka. Siapapun itu teman dekatnya, entah itu seorang pria pengganggu atau seorang perempuan pengganggu. 
Apakah itu benar?
Atau malah bisa juga mungkin salah? 
Jadi mana donk yang benar? 

Fakta yang paling benar dari kejadian itu memang hanya Gusti yang Maha Tinggi serta Maha Tahu saja yang secara jelas, dan tentunya kedua orang tadi. Namun ada baiknya kita berbaik sangka. ^^
Bagaimana kalau begini aja ceritanya kita buat. Sahabat akan selalu mendukung sahabatnya walaupun dia harus mendukung dari belakang tanpa harus diketahui dari pasangan temannya tersebut, jadi siapapun dia mau pasangan perempuan atau lelaki akan didukung oleh sahabatnya titik. gampangkan, Nah jadi sebenarnya itu adalah FOTO POSITIF, hanya mengandung NILAI NEGATIF pada saat pertama melihatnya. ^w^

Respon awal manusia biasanya terletak pada bank data yang dimiliki, setiap hal yang kita alami senantiasa disikapi dengan mengambil sampel dan gambaran yang ada pada arsip yang dimiliki. Jadi ada baiknya bertingkahlah seperti seorang jendral perang, yang senantiasa berpikir lurus, sikap hidup yang baik, tegas berwibawa, juga bijaksana dalam bertingkah laku, dan tidak lupa selalu menerima apapun dengan penuh iklas, tetapi bukan berarti kita tidak menyertakan emosi kita dalam kehidupan ini, emosi haruslah dapat kita kontrol dengan melihat serta mengumpulkan masukan-masukan yang diperlukan guna menggenapi sikap dan tindakan kita.
Kecepatan berfikir dan bertingkah laku perlu untuk menangkap setiap kesempatan yang ada, namun bukan untuk hal-hal yang sebenarnya melukai diri kita sendiri dalam bersikap.

Jika kita sudah memberikan tindakan yang tidak baik, malah itu akan membuat kita selalu bertindak tidak terkontrol dan cenderung merugikan kita, karena hidup ini adalah perjalanan waktu dan kejadian. Ada kalanya kejadian yang membuat kita terpuruk bukanlah hal yang harus kita ratapi, namun itu adalah hal yang wajar dan memang harus kita alami untuk membuat kita lebih dari sebelumnya. Ratapan mungkin dapat membuat kita lebih sengsara karena itu ibarat candu yang membakar setiap pikiran baik kita dan meracuni kesadaran kita. 

Hendaknya kita dapat mawas diri, berpikir serta bertingkah laku positif, berhati bersih, dan tidak lupa selalu mengontrol diri sendiri. Agar setiap kejadian yang terdapat kesempatan-kesempatan terselubung dapat kita maksimalkan menjadikan GOAL, tentunya. 

Sedangkan buah kegagalan sangatlah mudah kita peroleh, hanya dengan  memikirkan keburukan tentang hal-hal yang kita alami, niscaya apapun yang kita peroleh akan terasa seperti untaian duri tanpa bunga, padahal tiap  tangkai yang penuh duri akan terpasang indahnya bunga. 

Pengalaman apapun yang didapat adalah hal yang kita jalani dengan berpikir bahwa hal buruk yang ada, selalu akan menjadi pupuk untuk kita lebih berkembang, seperti mawar merah. Senantiasa kotoran yang bertumpuk-tumpuk adalah pupuk yang dapat menghasilkan tangkai demi tangkai Keindahan. ^^

Salam Semoga selalu berarti walaupun hanya setitik debu ^w^ 

Tuesday, January 17, 2012

Pelajaran Dari Petani Jagung - Artikel Motivasi dan Cerita Motivasi


Tulisan ini beredar melalui BlackBerry Messenger mengenai betapa indahnya berbagi kebaikan. Sangat inspiratif dan layak di-sharing.
.....
James Bender dalam bukunya, "How to Talk Well" [New York; McGray-Hill Book Company,Inc., 1994], menyebutkan sebuah cerita tentang seorang petani yang menanam jagung unggulan dan sering kali memenangkan penghargaan.
Suatu hari, seorang wartawan dari koran lokal melakukan wawancara dan menggali rahasia kesuksesan petani tersebut.
Wartawan itu menemukan bahwa petani itu membagikan benih jagungnya kepada para tetangganya.
"Bagaimana Anda bisa berbagi benih jagung dengan tetangga Anda, lalu bersaing dengannya dalam kompetisi yang sama setiap tahunnya?" tanya wartawan, dengan penuh rasa heran dan takjub.
"Tidakkah Anda mengetahui bahwa angin menerbangkan serbuk sari dari jagung yang akan berbuah dan membawanya dari satu ladang ke ladang yang lain. Jika tetangga saya menanam jagung yang jelek, maka kualitas jagung saya akan menurun ketika terjadi serbuk silang. Jika saya ingin menghasilkan jagung kualitas unggul, saya harus membantu tetangga saya untuk menanam jagung yang bagus pula," jawab petani.
Petani ini sangat menyadari hukum keterhubungan dalam kehidupan. Dia tidak dapat meningkatkan kualitas jagungnya, jika dia tidak membantu tetangganya untuk melakukan hal yang sama.
Dalam kehidupan, mereka yang ingin menikmati kebaikan, harus memulai dengan menabur kebaikan pada orang-orang di sekitarnya. Jika Anda ingin bahagia, Anda harus menabur kebahagiaan untuk orang lain. Jika Anda ingin hidup dengan kemakmuran, maka Anda harus berusaha meningkatkan taraf hidup orang-orang di sekitar Anda.
......

Bagikanlah kebaikan yang diimiliki agar kebaikan itu juga yang kembali kepadamu ^^

DETAIL

Kata DETAIL, kadang terkesan kecil, mikro, tidak penting, pembeda, sesuatu yang membuat lebih dari biasa atau malah sesuatu yang membedakan sesuatu yang sama atau identik. Itu yang dapat saya simpulkan sekilas. 


Namun untuk lebih mudahnya saya ambil kata Alam semesta, apakah kita ini alam semesta? pasti jawabannya adalah kita memang bagian tapi kita bukanlah alam semesta ini, pertanyaan saya adalah itu kata siapa?? ^^
Kita adalah detail dari alam semesta itu sendiri karena kitalah yang membuat alam semesta dalam pikiran kita, kita juga yang bisa membayangkan semua planet dan segala macam bintang yang menjadi pusatnya dan gabungan dari bintang2 yang banyak tersebut menjadi alam semesta. Jadi Alam Semesta adalah kumpulan dari detail-detail dari setiap elemen yang tercakup di dalamnya dan kita adalah alam semesta itu sendiri.


Mungkin masih terlalu diawang-awang ya? Bagaimana kalau kita ambil yang paling mudah manusia, apakah manusia itu? ada yang bilang manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling cerdas, Manusia adalah Ciptaan Tuhan, atau malah ada yang bilang manusia adalah makhluk dengan 2 jenis kelamin ada yang wanita dan ada yang pria. So apakah itu benar?? Yap, semua jawabannya adalah benar, yang pasti manusia adalah generalisasi dari setiap individu makhluk hidup yang mendiami bumi, yang merupakan ciptaan Sang Pencipta untuk mengolah dunia ini, yang diberikan Akal Budi, perasaan dan karsa_Nya agar Bumi dan Dunia ini tetap lestari. Itu DETAIL intisari yang dapat saya ambil dari MANUSIA.


Nah sekarang kenapa saya bilang itu adalah GENERALISASI bukan DETAIL?
ini karena ternyata manusia sendiri merupakan makhluk dengan Perasaan, Pikiran, dan emosi yang unik setiap individunya. Belum lagi dengan bentuk tubuh, jenis kelamin, raut muka, warna kulit, asal tinggal etc. Jadi sebenarnya kata "manusia" untuk manusia adalah generalisasi dari detail individu. Maka ada baiknya kita tidak menyamaratakan manusia,yang paling penting lagi adalah kita jangan terlalu merasa jika sesuatu yang terjadi setiap saat itu sama dan tidak berbeda atau hanya statis. Kenyataanya dunia ini setiap saat tidaklah sama


Kenapa kesannya rumit ya? ^^
sebenernya tidak serumit yang difikirkan, sesungguhnya adalah kita adalah makhluk dengan kebiasaan yang berulang. Kita menjalani setiap detik dengan kebiasaan yang kita latih dan lakukan semenjak dari kita kecil hingga menjadi kebiasaan, dan sejak kita sadar bahwa itu adalah sesuatu yang nyaman dan tidak. 
Sebagai manusia, kita selalu ingin melakukan segala sesuatu dengan pasti dan nyaman, nah oleh karena itu kita ingin selalu merasakan kenyamanan. Oleh karenanya kita tidak ingin melakukan sesuatu dengan tidak kita ketahui, kita ingin segala sesuatu is under control. Padahal tidak ada satu detikpun yang sama dan bisa kita kontrol dengan sempurna. 
Setiap saat adalah hal yang baru dan akan kita alami. Semua itu bukanlah hal yang sama seperti kemarin atau seminggu yang lalu, walaupu hari atau detiknya sekalipun itu "sama".  


Ada kalimat yang pernah saya dengar dari entah dari mana, entah saya baca maupun ada yang menyampaikan kepada saya. Yang pasti saya lupa, namun isinya kurang lebih adalah Hari Kemarin adalah Kenangan, Pengalaman dan Pembelajaran untuk kita pada hari ini; Hari ini adalah Hadiah (Present) yang ada dihadapan kita, yang harus kita jalani sebaik-baiknya; Sedangkan Hari Esok adalah misteri terbesar yang tidak kita ketahui, apakah kita bisa menjalani atau tidak, karena esok belumlah juga kita akan dapatkan. 


Inti dari tulisan ini adalah Perhatikanlah setiap Detail yang kamu dapatkan, jalani dan berusahalah berikan yang terbaik yang kamu miliki. Entah itu pemikiran, perbuatan, tingkah laku, maupun juga perkataan. Selalulah dengan Attitude terbaik. 


Karena sesuatu yang terbaik, hari ini mapun hari esok akan dapat sesuai dengan yang kau inginkan. Karena Detail yang kamu dapatkan kemarin adalah alat untuk membuat kamu lebih baik lagi dan Detail yang kamu sadari pada hari ini, saat kamu respon dengan baik adalah kunci jawaban dari semua teka teki hari esok yang akan dapat kamu jalani dengan lebih baik.


Semangat dan Always A Good In Attitude ^w^

Segelas kopi pahit

Segelas kopi pahit, mungkin terkesan ndeso ^^




http://kfk.kompas.com/image/preview/bmdvcGlfZGlfd2FydW5nX2tvcGkuanBn.jpg

Awalnya blog ini bernama dan beralamat di HanyaCatatanPinggir.blogspot.com, cuma sepertinya kurang sreg karena yang di_pengen_in (Jangan di tiru ini kata yang salah seharusnya DIINGINKAN, Itu baru Bahasa Indonesia yang benar ^^) tidak kunjung didapat.
Macem2 sebenernya nih blog ingin dinamain, cuma karena blogspot punya aturan yang tidak mengijinkan adanya nama yang sama, maka dengan inspirasi yang maksa keluarlah nama HanyaCatatanPinggir. Itupun akhirnya dengan sangat sadar dan waras tergantikan dengan nama Segelas Kopi Pahit, ini udah maksimal?? ternyata belum juga, jadi jangan aneh kalo nih Blog akan berganti nama kembali, tentunya belum tentu juga karena untuk saat waktu yang lama cuma entah sampai kapan ini blog sudah memberikan sesuatu yang lebih dari yang Hanya Catatan Pinggir.


Segelas Kopi Pahit kenapa saya pilih karena ada sebab, pertama saya belum lama mencoba kopi tanpa gula. Walau saya penggemar berat kopi saya selalu memberi gula pada kopi saya, katanya lagi kalo mau kopi yang oke coba jangan pake gula rasanya akan keluar dan berasa tuh rasa kopi yang segar, itu kata penikmat kopi pahit tentunya. Saya coba tuh kopi tanpa tambahan gula yang ada........Mmmm ternyata memang beda tuh kopi rasanya. Kalo mau di bilang mungkin dapat digambarkan seperti memberikan warna hitam yang tidak pahit, jadi kopi sebenernya tidak pahit, namun rasanya kuat, harum wanginya, menempel kuat rasanya dan tidak meninggalkan kesan pahit seperti jamu brotowali ^^.
Namun itu jika di minum saat panas menuju hangat, jika diminum saat dingin rasanya memang tidak enak menggigit dilidah rasa pahit yang tidak enak dengan hambar dinginnya kopi. So Minum kopi pahit saat Panas2 dan hangat ( itu tips dari saya ^W^)
Tetapi pilihan saya tetap membuat kopi dengan sedikit gula Palm Suiker sedikit dan rasanya antara jembatan pahit dan manis itu yang pas, karena pahitnya dan manisnya berpadu membuat warna rasa dan wangi kopi tercampur sempurna. Apapun jenis kopinya walau kopi yang menurut saya enak adalah jenis robusta karena rasanya memang mantap dan tidak terlalu wangi juga pas dilidah tentunya.


Sekian dulu pelajaran Kopi2an dari saya ^^, sekrang memasuki nama "Segalas Kopi Pahit" kenapa tidak secangkir?? karena memang tidak availability dari blogspot juga, namun akhirnya disadari juga kalo cuma secangkir biasanya ngopi tuh kurang pas buat saya karena mungkin dari badan juga makanya perlu atau butuh segelas minimal se_mug lah ^^


Jadi kenapa milih nama SEGELAS KOPI PAHIT adalah gabungan dari kesan kopi yang gelap dan pahit yang memberi kan arti kuat dan banyaknya yang lebih dari biasa, so blog ini mencoba memberikan sesuatu yang mungkin sepele, tidak penting, lintasan dari pemikiran, ide, opini, ataupun apa yang tidak berarti. Namun sebenarnya adalah asal dari sebuah pemikiran yang membuat orang lain merasa berarti, bersyukur, berterima kasih dan juga memberikan sesuatu yang wajib, Sekali lagi WAJIB di buat jadi perenungan dan juga kenapa tidak direalisasikan dalam Alam Nyata kita, toh ini cuma Alam Maya. Kita cukup bebas berinovasi dan mencurahkan segala daya dan upaya kita dalam pikiran, namun sering kali kita tidak TAKE ACTION di dunia nyata so KEEP IN YOUR MIND, TAKE ACTION TO MAKE SOMETHING HAPPEN.


So take the real step although it's a simple step to make a better changing.....!

Tuesday, January 3, 2012

Ada 2 hal yang saya pelajari :
Yang ingin diraih itu IMPIAN, sedangkan yang tak dapat diraih itu KHAYALAN ^^

Erik Budiono