Pages

Labels

CHECK THIS OUT (5) Corat Coret (13) Funny (2) QUOTE (6) Salam (3) Tembang (1)

Tuesday, January 17, 2012

DETAIL

Kata DETAIL, kadang terkesan kecil, mikro, tidak penting, pembeda, sesuatu yang membuat lebih dari biasa atau malah sesuatu yang membedakan sesuatu yang sama atau identik. Itu yang dapat saya simpulkan sekilas. 


Namun untuk lebih mudahnya saya ambil kata Alam semesta, apakah kita ini alam semesta? pasti jawabannya adalah kita memang bagian tapi kita bukanlah alam semesta ini, pertanyaan saya adalah itu kata siapa?? ^^
Kita adalah detail dari alam semesta itu sendiri karena kitalah yang membuat alam semesta dalam pikiran kita, kita juga yang bisa membayangkan semua planet dan segala macam bintang yang menjadi pusatnya dan gabungan dari bintang2 yang banyak tersebut menjadi alam semesta. Jadi Alam Semesta adalah kumpulan dari detail-detail dari setiap elemen yang tercakup di dalamnya dan kita adalah alam semesta itu sendiri.


Mungkin masih terlalu diawang-awang ya? Bagaimana kalau kita ambil yang paling mudah manusia, apakah manusia itu? ada yang bilang manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling cerdas, Manusia adalah Ciptaan Tuhan, atau malah ada yang bilang manusia adalah makhluk dengan 2 jenis kelamin ada yang wanita dan ada yang pria. So apakah itu benar?? Yap, semua jawabannya adalah benar, yang pasti manusia adalah generalisasi dari setiap individu makhluk hidup yang mendiami bumi, yang merupakan ciptaan Sang Pencipta untuk mengolah dunia ini, yang diberikan Akal Budi, perasaan dan karsa_Nya agar Bumi dan Dunia ini tetap lestari. Itu DETAIL intisari yang dapat saya ambil dari MANUSIA.


Nah sekarang kenapa saya bilang itu adalah GENERALISASI bukan DETAIL?
ini karena ternyata manusia sendiri merupakan makhluk dengan Perasaan, Pikiran, dan emosi yang unik setiap individunya. Belum lagi dengan bentuk tubuh, jenis kelamin, raut muka, warna kulit, asal tinggal etc. Jadi sebenarnya kata "manusia" untuk manusia adalah generalisasi dari detail individu. Maka ada baiknya kita tidak menyamaratakan manusia,yang paling penting lagi adalah kita jangan terlalu merasa jika sesuatu yang terjadi setiap saat itu sama dan tidak berbeda atau hanya statis. Kenyataanya dunia ini setiap saat tidaklah sama


Kenapa kesannya rumit ya? ^^
sebenernya tidak serumit yang difikirkan, sesungguhnya adalah kita adalah makhluk dengan kebiasaan yang berulang. Kita menjalani setiap detik dengan kebiasaan yang kita latih dan lakukan semenjak dari kita kecil hingga menjadi kebiasaan, dan sejak kita sadar bahwa itu adalah sesuatu yang nyaman dan tidak. 
Sebagai manusia, kita selalu ingin melakukan segala sesuatu dengan pasti dan nyaman, nah oleh karena itu kita ingin selalu merasakan kenyamanan. Oleh karenanya kita tidak ingin melakukan sesuatu dengan tidak kita ketahui, kita ingin segala sesuatu is under control. Padahal tidak ada satu detikpun yang sama dan bisa kita kontrol dengan sempurna. 
Setiap saat adalah hal yang baru dan akan kita alami. Semua itu bukanlah hal yang sama seperti kemarin atau seminggu yang lalu, walaupu hari atau detiknya sekalipun itu "sama".  


Ada kalimat yang pernah saya dengar dari entah dari mana, entah saya baca maupun ada yang menyampaikan kepada saya. Yang pasti saya lupa, namun isinya kurang lebih adalah Hari Kemarin adalah Kenangan, Pengalaman dan Pembelajaran untuk kita pada hari ini; Hari ini adalah Hadiah (Present) yang ada dihadapan kita, yang harus kita jalani sebaik-baiknya; Sedangkan Hari Esok adalah misteri terbesar yang tidak kita ketahui, apakah kita bisa menjalani atau tidak, karena esok belumlah juga kita akan dapatkan. 


Inti dari tulisan ini adalah Perhatikanlah setiap Detail yang kamu dapatkan, jalani dan berusahalah berikan yang terbaik yang kamu miliki. Entah itu pemikiran, perbuatan, tingkah laku, maupun juga perkataan. Selalulah dengan Attitude terbaik. 


Karena sesuatu yang terbaik, hari ini mapun hari esok akan dapat sesuai dengan yang kau inginkan. Karena Detail yang kamu dapatkan kemarin adalah alat untuk membuat kamu lebih baik lagi dan Detail yang kamu sadari pada hari ini, saat kamu respon dengan baik adalah kunci jawaban dari semua teka teki hari esok yang akan dapat kamu jalani dengan lebih baik.


Semangat dan Always A Good In Attitude ^w^

2 comments:

  1. detail untuk dijadikan pembelajaran ke depan nya,,
    klo perlu detail sama potongan memanjang dan melintang,, heuheu
    nice posting ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke2 bisa lah Potongan memanjang dan melintang kalo perlu ada 3Dnya ya biar lebih Oke terlihatnya ^w^

      Delete